IJD Momunu Kali Upaya Nyata Dorong Konektivitas dan Ekonomi Lokal di Buol

IJD Momunu Kali Upaya Nyata Dorong Konektivitas dan Ekonomi Lokal di Buol Buol, Usut News - IJD Momunu Kali uoaya nyata doorong konektivitas...

IJD Momunu Kali Upaya Nyata Dorong Konektivitas dan Ekonomi Lokal di Buol

Buol, Usut News - IJD Momunu Kali uoaya nyata doorong konektivitas dan ekonomi lokal di Kabupaten Buol provinsi Sulawesi Tengah.

Pasalnya, proyek berlabel APBN 2023 itu, sejak awal pelaksanaan mendapat atensi positif masyarakat, sebab ruas yang disasar dalam program tersebut merupakan jalur strategis menuju pusat pertanian dan perkebunan masyarakat.

Ruas ini juga terkoneksi dengan jalan provinsi, serta jalan nasional yang menghubungkan bandara Pogogul Buol dan juga pelabuhan laut Leok, Lokodidi serta Pelabuhan laut Paleleh.

Saat ini, ruas jalan tersebut sepanjang 7 kilometer berkomdisi baik melayani distribusi logistik warga setempat.

Berdasarkan pantauan, Jumat 17 Mei 2024, aktivitas sosial masyarakat berjalan lancar, baik dari arah perkebunan sawit maupun aktivitas masyarakat menuju pusat kota dan perkantoran.

Akses yang semakin mantap ini merupakan buah dan hasil kerja Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah di bawah kendali PPK 1.1 

Dengan keterhubungan ini secara otomatis membangkitkan perekonomian masyarakat, baik di Kecamatan Momunu, Kecamatan Tiloan, Kecamatan Bukal dan Kecamatan Bokal sebagai wilayah perkebunan kelapa sawit terbesar di Sulawesi Tengah.

Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah ( BPJN ) Sulteng terus meningkatkan konektivitas tidak hanya diruas Inpres Jalan Daerah, namun sepanjang ruas penanganan PPK 1.1 saat ini sedang dalam tahap pelaksanaan preservasi.

Berdasarkan catatan redaksi, Inpres Jalan Daerah Momunu-Kali merupakan salah satu ruas jalan yang ditangani BPJN Sulawesi Tengah pada tahun 2023 dari sekitar 15 ruas jalan daerah yang tersebar di 9 Kabupaten di Sulawesi Tengah.

Ruas jalan kabupaten yang telah dikerjakan setara dengan kualitas jalan nasional, dan merupakan hasil usulan dari pemerintah daerah yang langsung ditindaklanjuti oleh BPJN Sulawesi Tengah. 

Beberapa warga di Momunu mengatakan, bahwa pelaksanaan IJD Momunu-Kali cukup bermanfaat hingga saat ini.

" Terima kasih pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta BPJN Sulawesi Tengah yang telah merespon usulan pemkab Buol." tukas Budi di Lamadong 2, Jum'at 17/5/2024

Peningkatan jalan Momunu-Kali berdasarkan instruksi Presiden nomor 3 tahun 2023 terkait konektivitas jalan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas menuju daerah terpencil yang menghubungkan langsung pusat-pusat pelayanan masyarakat dan pusat produksi untuk meningkatkan hasil Perkebunan, Pertanian Tanaman Pangan, dan Peternakan, pemanfaatan sumberdaya alam dan kawasan pengembangan sentra-sentra produksi yang nantinya akan meningkatkan produktivitas masyarakat disekitarnya. 

• Pekerjaan badan jalan dengan agregat LPA sesuai standar dan lapis Penetrasi (Lapen) sepanjang 7 kilometer serta  

• Pekerjaan galian biasa, timbunan pilihan dari sumber galian

Keberhasilan program Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Tengah tahun 2023 khususnya di wilayah kerja PPK 1.1 menjadi alaram baik konektivitas jalan daerah yang terintegrasi dengan jalan provinsi dan jalan nasional.

TANGGAPAN  WARGA TENTANG PROGRAM IJD 2023

Sebagian besar masyarakat di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Buol mengaku berterima kasih atas perhatian dan kepedulian pemerintah pusat untuk masyarakat di Kabupaten Buol

Masyarakat juga berterima kasih kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah khususnya PPK 1.1 yang telah menyelesaikan pekerjaan berdasarkan standar kebinamargaan.

" Ini merupakan bukti kerja nyata BPJN Sulteng di bawah arahan PPK 1.1," terang Po'u di desa Taluan.

Sementara itu Maimuna wanita (38) tahun warga desa Lamadong 2 menuturkan kekagumannya terhadap program Inpres jalan daerah. Bagi dia jalan yang dikerjakan lewat APBN sejak lama dikeluhkan warga,  meski begitu warga sekitar paham kemampuan keuangan Pemda sehingga dengan APBN apa yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

" Semoga tahun 2024 daerah kami mendapatkan kembali pendanaan lewat program IJD. Pinta Maemuna

Masih kata warga, Iwan (48) berharap dengan semakin baiknya jalan ekonomi warga sekitar ikut terdongkrak.

" Senang dengan adanya perbaikan jalan, ini merupakan aspirasi kami dan saat ini kami sudah nikmati hasilnya. " Pu gkasnya. 


Redaksi

banner
Nama

Adhyaksa,9,Infrastruktur,18,Liputan Khusus,1,Terkini,30,Top News,10,
ltr
item
USUTNews - Berita Adhyaksa, Bhayangkara, Infrastruktur, Terkini dan Terbaru: IJD Momunu Kali Upaya Nyata Dorong Konektivitas dan Ekonomi Lokal di Buol
IJD Momunu Kali Upaya Nyata Dorong Konektivitas dan Ekonomi Lokal di Buol
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjc38x8TSmB8SoPzFhlyAxPqHXW89EJIEQMAr-rKExA1GKuDurvOczUUPgeC0hPivz358dykLBApuT3CgtAUUeD2FOL_wuN5NzHCoa_KpjIL8EwssIzQJdZ7p0cZjCQKVoFMksoP8NI1quA_2wEQmeZz-_Jre8N5hu96YQh3CsNZpXfpeLscZhZzYouoLLW/w320-h180/IMG-20240520-WA0040.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjc38x8TSmB8SoPzFhlyAxPqHXW89EJIEQMAr-rKExA1GKuDurvOczUUPgeC0hPivz358dykLBApuT3CgtAUUeD2FOL_wuN5NzHCoa_KpjIL8EwssIzQJdZ7p0cZjCQKVoFMksoP8NI1quA_2wEQmeZz-_Jre8N5hu96YQh3CsNZpXfpeLscZhZzYouoLLW/s72-w320-c-h180/IMG-20240520-WA0040.jpg
USUTNews - Berita Adhyaksa, Bhayangkara, Infrastruktur, Terkini dan Terbaru
https://www.usutnews.web.id/2024/05/ijd-momunu-kali-upaya-nyata-dorong.html
https://www.usutnews.web.id/
https://www.usutnews.web.id/
https://www.usutnews.web.id/2024/05/ijd-momunu-kali-upaya-nyata-dorong.html
true
7053439395918143181
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy