Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan

Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan, Buka Konektivitas Wilayah Terisolir

Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan, Buka Konektivitas Wilayah Terisolir

Morut, Usut News - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dibawah kepemimpinan Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma'mun Amir, terus mendorong pembangunan infrastruktur akses jalan.

Salah satunya pada pembangunan ruas jalan Beteleme – Nuha – di Kabupaten Morowali Utara. Jalan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu Timur, di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ruas jalan ini menjadi salah satu prioritas Pemprov Sulteng. Mengingat jalan ini merupakan penghubung utama antara Kabupaten Morowali Utara dengan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Luwu Timur ( Lutim ).

Melalui upaya dan kerja keras pihak rekanan PT. Mentawai Karyatama Sejati, kerinduan masyarakat di wilayah tersebut terjawab, dengan adanya infrastruktur jalan yang baik dan mulus di Kabupaten Morowali Utara, khususnya warga Sulteng di perbatasan Beteleme-Nuha dengan Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Melalui dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, jalan yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Lembo seperti desa Beteleme Tua, desa Po'ona, desa Dolupo Karya berubah dari yang dulunya rusak kini beraspal mulus, makin nyaman untuk dilalui.

Diketahui sebelumnya, rekonstruksi ruas jalan Beteleme-Nuha, dimulai sejak 26/2/2023, oleh PT. Mentawai Karyatama Sejati, kini warga bisa bernapas lega, melakukan aktivitas sosial ekonomi tanpa ada hambatan jalan rusak dan becek.

Berdasarkan pantauan, 20/9/23, jalan rusak dan berlubang sudah berubah dengan lapisan aspal yang mulus sejauh mata memandang.

Kini, masyarakat Beteleme-Nuha yang hendak ke Luwu Timur maupun sebaliknya merasakan kenyamanan saat melintas diruas jalan itu.

Beragam tanggapan positif warga mengemuka, ada yang senang dan ada yang berucap terima pemerintah daerah yang telah berupaya semaksimalnya melakukan perbaikan jalan sebagai akses utama dalam kegiatan sehari-hari. 

" Terima kasih pak Gubernur Rusdi Mastura, Bupati Morowali Delis J Hehi, dinas PU Bina Marga Sulteng, dinas PU Morowali Utara dan lebih khusus kepada kontraktor pelaksana pekerjaan " sebut warga.

Warga yang mengaku bernama Alfianus berharap di tahun mendatang, perbaikan serta peningkatan jalan dapat dilaksanakan hingga ke Po'ona serta desa-desa sekitarnya.

Senada dengan Alfianus warga yang mengaku bernama Jefri, memohon kepada pemerintah provinsi untuk terus melakukan perbaikan infrastruktur jalan, khususnya yang masuk wilayah Bukit Mulya dan desa Po'ona, sebab beberapa titik masih rawan kecelakaan.

" Terima kasih pak Gubernur Rusdi Mastura, pak Bupati Delis, Pak Kadis PU Provinsi dan juga kontraktor yang sudah berupaya memperbaiki jalan di wilayah kami " pungkasnya.

Terpisah, Kepala dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Dr. H. Faidul Keteng., ST., M.Si melalui Kepala Bidang Pembangunan Jalan Ir. Asbudianto., ST., M.Si menjelaskan, bahwa proyek rekonstruksi ruas jalan Beteleme-Nuha merupakan program prioritas memantapkan jalan daerah tahun 2022, 2023 dan tahun 2024, untuk peningkatan dan pertumbuhan ekonomi lintas provinsi.

Sehingga dengan selesainya kegiatan ini, memberikan kemudahan bagi warga dalam beraktivitas dan berharap bisa berdampak positif bagi keberlangsungan ekonomi sosial masyarakat kedepannya.

Proyek bernilai Rp. 44,2 miliar, sangat berarti buat masyarakat di Beteleme-Nuha dalam pengembangan ekonomi dan pertanian.

Kedepannya Asbudianto berharap ada dampak besar terciptanya konektivitas yang bisa memberikan ruang baru pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat lintas perbatasan.

Sekedar diketahui, peningkatan jalan adalah salah satu sektor yang menjadi fokus perhatian pemerintahan Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir, untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Dengan terlaksananya infrastruktur jalan yang baik, bisa mendorong peningkatan aspek-aspek di bidang lainya, seperti pertanian, perkebunan, pendidikan serta ekonomi sosial masyarakat setempat.

Selain sisi ekonomi, keberadaan infrastruktur jalan di Beteleme-Nuha, diharapkan bisa menekan tingkat kemiskinan, atas indeks ketimpangan ekonomi yang diharapkan bisa terdongkrak dampak dari semakin baiknya infrastruktur jalan.

Apalagi diketahui, Kabupaten Morowali Utara merupakan daerah tambang yang banyak dikunjungi para pencari kerja luar daerah, sehingga dengan membaiknya jalan provinsi sebagai akses penghubung dapat memberikan kenyamanan dan keamanan berlalu lintas.

Pemerintah provinsi menyadari bahwa perbaikan infrastruktur merupakan kebutuhan mendesak untuk daerah berkembang, sehingga menjadi instrumen positif pertumbuhan ekonomi wilayah. 

Keberhasilan PT. Mentawai Karyatama Sejati melaksanakan paket rekonstruksi ruas jalan Beteleme-Nuha di perbatasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, tak lepas dari peran pengawasan yang melekat dari dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang provinsi, serta niat yang tulus dari kontraktor memenuhi kebutuhan infrastruktur yang semakin mendesak

Maka tak heran jika warga sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras PT. Mentawai Karyatama Sejati menghasilkan infrastruktur jalan yang mendorong semakin berkembangnya seluruh sektor riil masyarakat di ujung Selatan Sulawesi Tengah itu.

Kedepan, warga berharap pemerintah provinsi akan terus bekerjasama dengan PT Mentawai Karyatama Sejati dalam proyek-proyek pembangunan di Sulawesi Tengah. 

Catatan: Redaksi

banner
Nama

Adhyaksa,8,Infrastruktur,15,Terkini,28,Top News,10,
ltr
item
USUTNews - Berita Adhyaksa, Bhayangkara, Infrastruktur, Terkini dan Terbaru: Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan
Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan
Genjot Ekonomi di Beteleme-Nuha, Bina Marga Sulteng Rampungkan pembangunan Jalan, Buka Konektivitas Wilayah Terisolir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO4eUceq_T3Piue_cB1VYQVP8xMPKcPsEBAGOAXgKmn91shQZvHAvoXzbpM5tcg8VaftMxtACqfGZDFBRJVoLjs-kUnwxoLI99kOzvUMEPneYwdJjFb38sO1FU3-oxU4JGhjRHaS85c8rFThABsRCcQ54pQWaZ7vsxF_WvL7mlyzPXVhKwU9TnUFlpEmMT/w320-h179/IMG-20230926-WA0040.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO4eUceq_T3Piue_cB1VYQVP8xMPKcPsEBAGOAXgKmn91shQZvHAvoXzbpM5tcg8VaftMxtACqfGZDFBRJVoLjs-kUnwxoLI99kOzvUMEPneYwdJjFb38sO1FU3-oxU4JGhjRHaS85c8rFThABsRCcQ54pQWaZ7vsxF_WvL7mlyzPXVhKwU9TnUFlpEmMT/s72-w320-c-h179/IMG-20230926-WA0040.jpg
USUTNews - Berita Adhyaksa, Bhayangkara, Infrastruktur, Terkini dan Terbaru
https://www.usutnews.web.id/2023/09/genjot-ekonomi-di-beteleme-nuha-bina.html
https://www.usutnews.web.id/
https://www.usutnews.web.id/
https://www.usutnews.web.id/2023/09/genjot-ekonomi-di-beteleme-nuha-bina.html
true
7053439395918143181
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy